Image by Agriculture Machinery & Materials Company from Pixabay

Pertanian sebagai sektor primer, yaitu sektor yang mengekstraksi bahan baku dari alam,  merupakan sektor penting untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi di suatu Negara. Pembangunan system pertanian yang efektif akan membawa kebermanfaatan mengingat system pertanian kompleks yang tidak hanya melihat aspek jenis tanaman, tetapi juga kualitas tanah, air, nutrisi, dan cuaca yang berpengaruh terhadap hasil panen.

Oleh karena itu, pemanfaaatan teknologi di bidang pertanian akan membantu dalam penentuan setiap keputusan agar hasil yang didapat lebih maksimal. Salah satu teknologi yang tepat digunakan adalah Internet of Things (IoT). Internet of Things merupakan teknologi yang dapat menghubungkan objek-objek, perangkat, maupun sensor melalui internet. Selain itu, IoT memungkinkan objek-objek mengirim dan bertukar data melalui jaringan internet tanpa campur tangan manusia di dalamnya.

Lalu, apa saja peran dan manfaat IoT bagi sektor pertanian? Berikut penjelasannya:

1. Monitoring

Petani dapat dengan mudah mengawasi tanaman serta kondisi lingkungan di mana saja dan kapan saja. Data-data, seperti kualitas air, tanah, nutrisi, dan cuaca tersedia pada website atau aplikasi yang dapat diakses melalui ponsel pintar atau computer.

2. Penyiraman secara otomatis

Tidak perlu menunggu waktu kapan tanaman harus disiram, cukup memantau  alat bekerja sesuai pengaturan. Ya, dengan Internet of Things, penyiraman tanaman dapat disesuaikan secara akurat dengan pengaturan sesuai kondisi kadar air pada tanah. Jadi, petani tidak perlu khawatir akan kelebihan dan kekurangan air pada tanamannya.

3. Pencegahan dan penanganan hama

Pengendalian hama perlu dilakukan secara tepat agar penanganannya tidak merusak tanaman atau menurunkan kualitas tanaman. Peran Internet of Things di sini sangat membantu dalam mengontrol hama dengan data hama yang tersedia serta penanganan otomatis.

4. Prediksi kondisi dan hasil pertanian

Hasil dari data-data yang dikumpulkan melalui sensor dapat menjadi acuan bagi petani untuk menentukan langkah yang harus diambil. Analisis data ini tentu akan meningkatkan produktivitas karena keputusan atau penanganan didasarkan pada data aktual.

Pemanfaatan teknologi IoT ini memang membawa dampak yang signifikan karena banyaknya layanan yang disediakan. Jadi, dengan adanya teknologi ini diharapkan permasalahan-permasalahan di sektor pertanian bisa teratasi, seperti keterbatasan lahan, waktu, dan adanya human error. Terlebih lagi, semoga teknologi ini dapat diaplikasikan secara meluas agar semua petani bisa merasakan manfaatnya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *